Khamis, 11 November 2010

Tindakan Agresi & Bentuk-Bentuk Delinquensi

Tindakan Agresi:
Tindakan agresi manusia dengan demikian merupakan tindakan tidak sadar, di saat libido memberikan dorongan terhadap alternatif untuk menyelamatkan diri, dan dengan demikian memberikan rasa aman pada dirinya ketika hasrat sudah disalurkan. Fromm memaparkan perilaku agresif itu dilihat dari teori agresi yang dimiliki oleh Lorenz, seorang etholog (biolog yang mempelajari tingkah laku binatang untuk diterapkan pada manusia). Agresi binatang, demikian Lorenz, timbul dari dorongan insting yang sangat kuat (Maghfur, 2000).

Teori ini hampir sama dengan apa yang dipaparkan Freud, yaitu bahwa agresivitas adalah insting yang didorong oleh kekuatan yang secara alami ada. Dan harap diingat bahwa agresivitas ini tidak selalu ditentukan dari lingkungan eksternal; tidak selalu merupakan reaksi terhadap rangsangan dari luar. Bahkan, bisa jadi, rangsangan dari luar tersebut hanyalah merupakan instrumen dan mediator sifat agresi manusia, sehingga energi atau kekuatan agresivitas itu sendiri ada penyalurannya.

Bentuk-bentuk Delinquensi:
adalah Pelecehan akhlak remaja, kalo pelecehan akhlak remaja itu bisa disebut sebagai pelecehan perilaku jika terlihat kasar, pelecehan perilaku terhadap masyarakat remaja itu bisa terjadi,
Secara sadar atau tidak sadar, kita para remaja sering ‘kesenangan’ kalaw ada yang , tidak memberi salam, disiulin, atau bahkan membuat perkara yang tiak mnenangkan di hadapan masyarakat – apalagi kalo cowok itu adalah cowok idola gadis remaja putri dan cowok yang disukai!
…awal dari kemungkinan pelecehan perilaku itu terjadi. Sikap seperti ini perlu diwaspadai. Tanpa disadari, sikap “penerimaan” yang tidak sadar itu bisa aja ditafsirkan sebagai kode “pembolehan” oleh si remaja untuk melakukan perkara yang lebih jauh.
remaja kalo udah dikasih sinyal-sinyal persetujuan misalnya dia ‘kebebasan’ remaja pasti bakal ‘terus-terusan’, karena ya itu tadi udah dianggap sebagai kode “pembolehan” dan di benak dia – remaja ...

Nama : ABDUL HADI BIN BASRI
Nim : 10942008759
Mata Study : Kesehatan Mental
Dosen : M. Fahli Zatra Hadi, S.sos. I

Tiada ulasan:

Catat Ulasan