Khamis, 2 Disember 2010

pengertian dokter

Dokter

Dokter adalah seseorang yang karena keilmuannya berusaha menyembuhkan orang-orang yang sakit. Tidak semua orang yang menyembuhkan penyakit bisa disebut dokter. Untuk menjadi dokter biasanya diperlukan pendidikan dan pelatihan khusus dan mempunyai gelar dalam bidang kedokteran.
Untuk menjadi seorang dokter, seseorang harus menyelesaikan pendidikan di Fakultas Kedokteran selama beberapa tahun terggantung sistem yang dipakai oleh Universitas tempat Fakultas Kedokteran itu berada.
Di Indonesia Pendidikan Dokter mengacu pada suatu Kurikulum Inti Pendidikan Dokter Indonesia (KIPDI) .Saat ini digunakan KIPDI III yang menggunakan sistem Problem Based Learning
Pendidikan dokter di Indonesia membutuhkan 10 semester untuk menjadi dokter, 7 semester untuk mendapatkan gelar sarjana (Sarjana Kedokteran/S.Ked) ditambah 3 semester koskap (clerkship) di Rumah Sakit.

Psikiater

Menurut Wikipedia, Psikiater adalah profesi dokter spesialis yang bertugas untuk menangani segala masalah gangguan kejiwaan. Sekilas, pengertian psikiater memang sangat mirip dengan pengertian dari psikologi, namun dalam kenyataannya psikiater dan psikologi itu benar-benar berbeda.
Untuk bisa menjadi seorang psikiater, pertama Anda harus mengemban dan menamatkan pendidikan dokter umum. Setelah itu, barulah Anda bisa melanjutkan pendidikan khusus untuk menjadi seorang psikiater yang tersedia di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Untuk di Indonesia, gelar akademik seorang psikiater adalah Sp.Kj (Spesialis Kedokteran Jiwa).
Pandangan yang ada di masyarakat tentang dokter spesialis kejiwaan atau yang biasa disapa psikiater ini sangatlah bertolak belakang dengan apa yang sebenarnya biasa mereka kerjakan. Kebanyakan orang menganggap bahwa psikiater adalah dokternya orang gila, namun sebenarnya tidak hanya demikian. Peran psikiater dalam kehidupan masyarakat sangatlah luas dan dibutuhkan untuk menangani berbagai macam gangguan kejiwaan. Mulai dari gangguan kejiwaan ringan hingga yang berat.
Psikolog

Dari segi definisi, dapat dijelaskan bahwa psikolog adalah seorang sarjana psikologi yang telah menempuh studi program akademik (sarjana) dan melanjutkan pada program profesi psikolog. Lantas apa yang menjadi perhatian atau fokus utama dari seorang psikolog? Psikologi sendiri merupakan suatu ilmu mengenai perilaku manusia. Dengan demikian, keahlian seorang psikolog adalah menganalisa perilaku dalam upaya untuk memahami karakter individu maupun kelompok. Lebih sederhananya, bila seorang dokter dekat dengan masalah kesehatan fisik, maka segala hal yang terkait dengan perilaku manusia merupakan hal yang dipelajari oleh seorang psikolog
Iman

Iman itu berupa pembenaran hati’ artinya hati menerima semua ajaran yang dibawa oleh Rasul shallallahu ‘alahi wa sallam. ‘Pengakuan dengan lisan’ artinya mengucapkan dua kalimat syahadat ‘asyhadu an la ilaha illallah wa asyhadu anna Muhammadar rasulullah’. Sedangkan ‘perbuatan dengan anggota badan’ artinya amal hati yang berupa keyakinan-keyakinan dan beramal dengan anggota badan yang lainnya dengan melakukan ibadah-ibadah sesuai dengan kemampuannya
Simpati
Simpati adalah ketertarikan seseorang kepada orang lain yang seolah-olah merasakan perasaan orang lain. Contoh : Membantu korban bencana alam.
Nama : Yasmiati
Nim : 10942006640
Mata Kuliah : BK
Dosen : M. Fahli Zatra Hadi, S.Sos.I

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Catat Ulasan