Jumaat, 10 Disember 2010

Psikopat

Pengertian Psikopat
Psikopat yaitu bentuk kekalutan mental atau orang yang kelainan jiwa yang ditandai dengan tidak adanya pengorganisasian atau menunjukkan prilaku yang menyimpang sehingga mengalami kesulitan dalam pergaulan dan ia tidak bisa bertanggung jawab secara moral dan selalu konflik dengan norma-norma social dan hokum. Dan ia sadar atas semua yang dilakukan atau diperbuatnya.
Contoh nya :
Saya contohkan seorang pria yang terkena penyakit psikopat. Didalam cerita The Dark Knight.. Di film ini psikopat adalah Batman yang diperankan oleh Bruce wayne. Bruce Wayne siang hari adalah seorang multi miliuner, namun di malam hari ia berubah menjadi superhero pemberantas kejahatan. Kenapa bisa dikatakan psikopat?? Karena Wayne adalah seorang yang munafik, pintar bersandiwara sehingga batmannya tidak diketahui oleh orang lain. Dia menikmati segala perbuatannya menggebuk penjahat saat mengenakan kostum kelelawarnya itu.
Contoh lainnya yaitu tentang pembunuhan berantai yang dilakukan oleh pemuda dari Jombang, Verry Idham Henryansah alias Ryan. Lelaki berusia 30 tahun ini (diduga) melakukan serangkaian pembunuhan keji terhadap 11 orang korbannya. Jejaknya diungkap saat Polisi menyelidiki korban mutilasi yang ditemukan di Kebagusan Jakarta. Dari situ polisi yakin bahwa bukan sekali ini saja Ryan membunuh, tapi sudah berulangkali. Saat Ryan ditangkap, gejala psikopat pada dirinya sudah ada. Berbohong, menyangkal pernah membunuh, menunjukan gejala-gejala kejiwaan yang aneh. Meski pada akhirnya Ryan kemudian buka mulut dan mengaku membunuh 4 orang lainnya dan belakangan mengakui 5 orang lainnya, termasuk seorang ibu dan anaknya yang berusia 3 tahun. Kesemua jenazah, kecuali korban mutilasi, di kubur Ryan di halaman belakang rumah tersangka di Jombang.

Di tempat saya tinggal sekarang belum ada orang yang terkena penyakit psikopat karena belum ada yang menunjukkan ciri-ciri penyakit ini .


Nama : INDAH PRATIWIE
nim : 10942008521
Tugas : Kesehatan Mental
Dosen : M>Fahli Zatra Hadi,S.Sos.I

Tiada ulasan:

Catat Ulasan