Khamis, 9 Disember 2010

PSIKOPAT

1. Pengertian Psikopat
Psikopat secara harfiah berarti sakit jiwa. Pengidapnya juga sering disebut sebagai sosiopat karena perilakunya yang antisosial dan merugikan orang-orang terdekatnya.
Psikopat berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan pathos yang berarti penyakit. Psikopat tak sama dengan gila (skizofrenia/psikosis) karena seorang psikopat sadar sepenuhnya atas perbuatannya. Gejalanya sendiri sering disebut dengan psikopati, pengidapnya seringkali disebut “orang gila tanpa gangguan mental”. Menurut penelitian sekitar 1% dari total populasi dunia mengidap psikopati. Pengidap ini sulit dideteksi karena sebanyak 80% lebih banyak yang berkeliaran daripada yang mendekam di penjara atau di rumah sakit jiwa, pengidapnya juga sukar disembuhkan.
Seorang ahli psikopati, Kanada bernama Robert D. Hare Ia berpendapat bahwa seorang psikopat selalu membuat kamuflase yang rumit, memutar balik fakta, menebar fitnah, dan kebohongan untuk mendapatkan kepuasan dan keuntungan dirinya sendiri.
2. Ciri-ciri Psikopat
Berikut ini adalah karakteristik umum seorang psikopat :
a) Tampil anggun / penuh percaya diri
b) Sangat senang dipuji.
c) Tidak perduli dengan (keselamatan) orang lain
d) Tidak punya rasa tanggung jawab
e) Tidak punya toleransi terhadap kesalahan / perbedaan / deviasi
f) Narsis (Cinta pada diri sendiri), kadang berlebihan
g) Sering berbohong dan ceritanya berubah-ubah
h) Manipulatif (senang memanfaatkan orang lain)
i) Memiliki pola pikir yang super-kreatif
j) Cenderung melakukan kekerasan saat merasa tersudut / kalah
k) Tidak memiliki rasa empati
l) Punya orientasi seksual yang menyimpang
m) Senang melukai / menyiksa / menyakiti orang lain dalam bentuk fisik / non-fisik.
n) Tidak mampu memahami pekerjaan yang sifatnya struktural / prosedural.
o) Tidak pernah merasa bersalah.
3. Contoh Kasus Psikopat
Kasus Gary Mark Gilmore adalah contoh yang tepat. Ia adalah anak ke dari 4 bersaudara. Ayah mereka pemabuk dan suka memukuli isteri dan anak-anaknya. Dibesarkan dalam keluarga rusak seperti itu kelak akan membuat Gary Mark Gilmore menjadi psikopat dan pembunuh berantai. Pada usia 16 tahun dia sudah membunuh seorang karyawan SPBU dan seorang manajer hotel. Dari 21 tahun sisa hidupnya dia habiskan 18 tahun di penjara. Pada usia 37 tahun dia menjalani hukuman mati, tanpa mau dibela pengacara. Ucapannya yang terakhir sebelum ditembak mati adalah “let’s do it”, maksudnya ayo laksanakan saja hukuman ini sekarang.
4. Psikopat di sekitar saya
Sampai saat ini belum saya temukan seorang psikopat di sekitar saya yang kasusnya seperti kasus di atas. Tapi, ada beberapa dari orang-orang di sekitar saya yang memiliki ciri-ciri psikopat seperti berbohong, ada pula yang berpikiran dangkal dalam menghadapi suatu masalah. Namun orang yang memiliki cirri tersebut belum dikatakan sebagai seorang penderita psikopat, karena itu hanya merupakan gejala-gejala psikopat.


Nama : Nur Hayatun Nufus
Nim : 10942006711
M.Kuliah: Kesehatan Mental
Dosen : M. Fahli Zatra Hadi, S.Sos, I

Tiada ulasan:

Catat Ulasan