Ahad, 12 Disember 2010

Tugas BK administrasi dan Lain-lain

Administrasi adalah ilmu yang bersifat Multidisiplin (kompleks). Ini berarti konsep administrasi dipahami melalui berbagai definisi, teori, paradigma, pendekatan, metode tertentu yang bersifat utuh dan menyeluruh (wholeness). Ilmu-ilmu yang membangun ilmu administrasi antara lain ekonomi, politik, sosiologi, budaya, komunikasi, antropologi.
Administrasi merupakan bagian dari Ilmu Sosial yang mempelajari interaksi manusia dalam melakukan kerjasama (cooperative) melalui penggunaan sarana dan sumberdaya yang terbatas (limited resources).

Menurut Institut International Bibliografi (1895), yang dipelopori oleh Henri la Fontaine dan Paul Otlet, dokumentasi ialah pengawasan dan pencatatan terhadap semua buku yang terbit dari semua negara sepanjang masa. Sehingga dapat pula dikatakan dokumentasi adalah pengawasan terhadap bibliografi di mana saja dan sepanjang masa.


Karakter adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Individu yang berkarakter baik adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap mempertanggungjawabkan tiap akibat dari keputusan yang ia buat.


Psikiater adalah profesi dokter spesialistik yang bertugas menangani masalah-masalah gangguan jiwa. Berbeda dengan psikolog, seorang psikiater harus lebih dulu menamatkan pendidikan dokter umum. Gelar akademik seorang psikiater di Indonesia adalah Sp.KJ (Spesialis Kedokteran Jiwa).


Dokter adalah profesi yang banyak berinteraksi dengan berbagai macam karakter manusia. Baik terhadap pasiennya (baca: klien kesehatan), sesama profesinya, maupun dengan kawan-kawan non profesinya. Pengalamanku selama setahun lebih sedikit menjalani profesi ini, khususnya sebagai dokter sebuah perusahaan swasta yang kadang harus berurusan dengan kertas-kertas klaim penggantian biaya pengobatan karyawannya, membuatku mengenal sebagian karakter sesama teman sejawat, yang mendorongku menuliskan topik ini.


Ilmu psikologi adalah cabang ilmu sosial yang fokus untuk mempelajari manusia. Para psikolog adalah para lulusan S2 Profesi Psikologi. Gelar yang mereka miliki adalah Nama, M.Psi, Psikolog. Untuk gelar ini sebenarnya terdapat perbedaan, bergantung tahun kelulusan psikolog tersebut, karena adanya perubahan dalam hal kurikulum psikologi. Sebelum tahun 1992, psikolog adalah lulusan S1 yang mengikuti studi psikologi selama 6 tahun. Sedangkan setelah 1992, lulusan S1 yang studi selama 4 tahun disebut sebagai Sarjana Psikologi. Sarjana Psikologi baru bisa disebut sebagai Psikolog jika mereka melanjutkan studi ke S2 program Profesi selama 2 tahun.
Empati berasal dari bahasa Yunani εμπάθεια yang berarti “ketertarikan fisik”. Sehingga dapat didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengenali, mempersepsi, dan merasakan perasaan orang lain.


Nama : Nazirah
Nim : 10942008491
Mata Study : Bimbingan Konseling
Dosen : M. Fahli Zatra Hadi. S. Sos. I

Tiada ulasan:

Catat Ulasan