Khamis, 2 Disember 2010

pengertian dokter

Dokter

Secara operasional, definisi “Dokter” adalah seorang tenaga kesehatan (dokter) yang menjadi tempat kontak pertama pasien dengan dokternya untuk menyelesaikan semua masalah kesehatan yang dihadapi tanpa memandang jenis penyakit, organologi, golongan usia, dan jenis kelamin, sedini dan sedapat mungkin, secara menyeluruh, paripurna, bersinambung, dan dalam koordinasi serta kolaborasi dengan profesional kesehatan lainnya, dengan menggunakan prinsip pelayanan yang efektif dan efisien serta menjunjung tinggi tanggung jawab profesional, hukum, etika dan moral. Layanan yang diselenggarakannya adalah sebatas kompetensi dasar kedokteran yang diperolehnya selama pendidikan kedokteran.

Psikiater

Apa Itu Psikiater? Pertama-tama, yang perlu anda ketahui, psikiater adalah dokter yang mempelajari ilmu jiwa. Maksudnya, gelar utamanya dokter, tapi dia mengkhususkan diri untuk ‘mengurusi’ kejiwaan manusia. Biasanya, psikiater adalah dokter (S1) yang meneruskan pendidikannya di bidang psikiatri (S2). Oleh karena itu, seorang psikiater mempunyai gelar “dr. …”, dan biasanya di tulis (di papan nama): (atas) dr. A ,(bawah) Psikiater. Makanya, psikiater juga bisa disebut dokter jiwa.

Psikologi

Psikologi adalah merupakan ilmu baru yang berkembang pada akhir abad 19 sebagai ilmu. Walau sudah sangat lama psikologi sudah disinggung oleh ilmuwan dan pemikir masa lalu sebagai wacana, jadi ilmu in sendiri telah mengalami perkembangan sejarah yang panjang sejak manusia mulai memahami dirinya sendiri. Ilmu Psikologi sendiri bersifat abstrak, karena tidak mempelajari secara langsung dari tingkah laku dan jiwa seseorang. Psikologi kontemporer diawali Psikologi adalah ilmu yang mempunyai banyak kajian dan melakukan banyak pendekatan. Setelah membaca buku-buku dan mendapatkan banyak informasi, saya jadi mengetahui jika ilmu psikologi itu kompleks dan terbagi-bagi ke beberapa bagian. Ilmu ini ternyata mempunyai ciri khas tersendiri karena penelitiannya dapat dilakukan di mana saja dimana masih ada proses mental serta tingkah laku pada objek kajiannya dan melakukan observasi secara langsung terhadap objek tersebut sehingga bisa menimbulkan pengetahuan baru dan keunikan dari kejiwaan serta proses tingkah laku objek kajiannya.

Iman
Hakikat iman (nur iman) adalah Cahaya Allah yang memancar di hati orang yangdikehendaki Allah bersih dari segala sesuatu yang tidak disukai-Nya.
“Allah Pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka darikegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman). “(QS. Al Baqarah (2) : 257)
“barangsiapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun.” (QS. An Nuur (24) : 40)
Simpati
Perasaan individu yang tertarik kepada perasaan orang lain, seolah-olah merasakan
perasaan orang lain.

Nama : Ida Rusma Herawati
Nim : 10942006733
Mata Kuliah : Bimbingan Konsling
Dosen : M. Fahli Zatra Hadi, S.Sos. I

Tiada ulasan:

Catat Ulasan