Jumaat, 8 Oktober 2010

KESEHATAN MENTAL : KECEMASAN

STUDY : KESEHATAN MENTAL
JUDUL : KECEMASAN
KELOMPOK : 10
: NADRI DAN NUR’AINI
SUMBER : PENGANTAR PSIKOLOGI

KECEMASAN
Freud, salah satu pakar pertama yang mengfokuskan diri pada makna penting kecemasan, dan membedakan kecemasan objektif dan kcemasan neurotis. Freud memandang kecemasan objektif sebagai respons yang realistis terhadap bahaya external. Yang makna nya sama dengan rasa takut ,dia yakin bahwa kecemasan neurotis timbul dari konflik tak sadar dalam diri individu bahwa konflik itu tidak disadari .
1.Kesadaran sebagai konflik yang tidak disadari
Freud yakin bahwa kecemasan neurotis merupakan akibat dari konflik yang tidak disadari antara impuls id ( terutama seksual dan agresif ), dengan kendala yang ditetap kan oleh ego dan superego.impuls-impuls id menimbulkan ancaman bagi individu, karena brtentangan dengan nilai pribadi atau nilai sosial
2.kecemasn sebagai respons yang dipelajari
Teori belajar sosial tidak mengfokus kan diri pada konflik internal tapi pada cara-cara diana kecemsan diasosiasikan, dengan situasi trtentu melalui proses belajar. Kadang-kadang rasa takut dipelajari pada masa kanak-kanak sulit dihilang kan,bila reaksr atau pertama seorang anak adalah menghindar atau melarikan diri dari situasi yang menimbulkan kecemasan. Maka dia tidak akan dapat menentukan kapan situasi itu tidak akan berbahaya lagi.
3. kecemasan sebagai akibat kurangnya kendali
Pendekatn yang ketiga mengatakan bahwa orang mengalami kecemasan apabila menghadapi situasi yang berada pada diluar kendali mereka. Mungkin itu merupakan situasi baru yang harus kita atur dan kita padukan dengan pandangan kita mengenai lingkungan dan diri kita sendiri.perasaan tidak berdaya dan tidak mampu mengendalikan apa yang terjadi merupakan pokok dari sebagian besar teori kecemasan.
A. CARA MENGATASI KECEMASAN
Suatu kecemasan tidak akan dapat dihadapi dalam jangka waktu lama , kita harus termotifasi untuk melakukan sesuatu guna meredakan keadaan yang tidak menyenangkan setiap individu mengembangkan berbagai macam cara-cara untuk mengatasi suatu kecemasan.ada dua cara untuk menanggulangi suatu kecemasn :
1. Menitikberatkan, masalahnya : individu menilai situasi yang menimbulkan kecemasan dan kemudian melakukan sesuatu untuk mengubah atau menghindari nya
2. Menitikberatkan emosi nya : individu yang berusaha mereduksi perasaan cemas melalui berbagai macam cara dan tidak dan tidak secara langsung menghadapi masalah.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan