Jumaat, 22 Oktober 2010

KONSEPSI YANG SALAH HYGIENE MENTAL

Tokoh-tokoh Gerakan Hygiene Mental
1. William James.
2. Philippe Pinel
3. Doro Thea Dx
4. Clifford Whittingham Beers
5. Adolf Meyer
Konsepsi yang menganai Hygiene Mental

Banyak orang beranggapan bahwa penyakit mental merupakan satu noda atau akibat dari dosa, dosa yang diperbuat oleh manusia. Adapun program umum yang dibuat mengenai kesehatan mental bagi rakyat, pada umunya belum mendapatkan tanggapan yang baik.
Ada beberapa tanggapan yang salah mengenai masalah hygiene mental antara lain:
1. Penyakit Mental adalah herediter (keturunan).
Pendapat ini adalah salah, penyakit mental itu tidak diturunkan oleh orang tua kepada anaknya, seperti hal penurunan ciri-ciri jasmaniah yang karakteristik pada umumnya. Kemungkinan timbul penyakit-penyakit mental yang disebabkan oleh pola herediter itu tidak mungkin ada, tapi ada kebanyakan peristiwa, sebab musabab penyakit mental itu biasanya adalah kerana adanya tekanan-tekanan batin dan fkator-faktor sosial yang memberatkan dirinya.
2. Penyakit mental tidak bisa disembuhkan
Pendapat yang dikemukanan itu salah, karena kurang lebih 80% dari penderita penyakit mental itu telah mendapatkan perawatan khusus. Adapun faktor yang sangat mempengaruhi untuk kesembuhan para penderita adalah keluarganya sendiri. Apabila ada dukungan dari keluarganya untuk kesembuhan bagi penderita, maka dengan peralahan-lahan penderita itu akan sembuh. Memang kesembuhan secara total itu tidak mungkin, akan tetapi mereka itu akan mampu lagi hidup ditengah masyarakat yang ada di lingkungannya.
3. Penyakit mental itu timbul dengan tiba-tiba
Pendapat ini juga salah, karena penyakit mental tidak akan timbul secara tiba-tiba atau mendadak kepada seseorang yang sehat. Orang yang sehat itu akan mengalami penyakit mental disebabkan oleh peristiwa-peristiwa yang pernah dialaminnya.
Misalnya kematian orang tuannya, kematian orang yang disayanginya, pada umumnya ini merupakan faktor mempercepat timbulnya penyakit mental, bukan penyebab secara langsung.
4. Penyakit mental adalah salah satu noda hitam.
Anggapan ini adalah konsepsi yang berlebihan-lebihan, karena penyakit mental itu merupakan akibat dari tekanan-tekanan dalam kehidupan sehari-hari dan umumnya terjadi.
Gangguan pada batin itu bukn suatu noda hitam ataupun suatu peritiwa yang bisa menodai nama baik keluarga.
5. Penyakit mental adalah satu peritiwa tuinggal pendapat ini juga salah
Penyakit mental bukanlah satu penyakit yang tunggal. Penyakit mental itu sangat banyak faktor penyebabnya, misalnya penyakit mental pada tingkah laku individu berkaitan dnegan emosi-emosi yang sedang dialaminya ataupun berkaitan dengan penyimpangan-penyimpangan sosial yang dialaminya.
6. Seks merupakan sebab dari timbulnya penyakit mental, pendapat ini salah, karena tingkah laku seks yang abnormal bisanya bukan sebab dari maladjusment pribadi yang kompleks dan serius. Dorongan-dorongan seksual itu merupakan kecenderungan yang kuat. Jika orang yang bersangkutan tidka terpuaskan dalam pemenuhan dorongan-dorongan seksualnya. Kejadian demikianlah yang menyebabkan frustrasi. Frustasi ini dapat menadi sumber bagi tekanan-tekanan batin.
Jika ada aktivitas seksual yang ikut serta menjadi penyebab, maka itu berupa rasa bersalah, dan rasa ketakuan yang menjadi penyebab timbulnya penyakit mental.




Nama : Yasmiati
Nim : 10942006640
Jurusan : BPI
Semester : III

Tiada ulasan:

Catat Ulasan