Jumaat, 15 Oktober 2010

Adjustment dan maladjustment

1) Adjustment
Devi seorang mahasiswi jurusan pendidikan matematika fakultas tarbiyah di UIN SUSKA Riau.Dia merupakan salah seorang anak yang mudah berinteraksi di lingkuannya baik di kampus maupun di lingkungan kostnya. Dalam berinteraksi di lingkungannya ia tidak pernah memilih-milik teman, ia berteman dan bergaul dengan semua orang, baik orang tersebut baik ataupun jahat, akan tetapi ia bisa menilai atau melihat ajakan baik atau buruk, misalnya saat salah seorang temannya ada yang mengajak ia kearah pergaulan yang tidak baik ia akan berusaha menghindar dari ajakan temannya tersebut.
2-3 minggu merupakan waktu devi untuk bisa berinteraksi dengan lingkungannya, waktu ini juga merupakan tahap ia mencari teman-teman yang cocok atau bisa berinteraksi dengannya.devi juga merupakan mahasiswi yang mempunyai IQ yang baik, dengan kepintarannya itu juga ia dapat berinteraksi dengan orang-orang di sekelilingnya. Selain itu ia juga suka membantu teman-temannya dalam menguasai/memahami pelajaran khususnya pada pelajaran matematika.
Faktor keluarga juga merupakan pengaruh bagaimana ia bisa berinteraksi dengan orang-orang di lingkungannya. Dalam lingkungan keluarganya ia di berikan kebebasan untuk memilih dan memberikan pendapat, sehingga ia menjadi anak yang mudah bergaul dengan orang lain dan lingkungannya. Karena itu juga devi menjadi anak yang senang memberi pendapat dan disukai orang-orang di sekitarnya. Rasa percaya diri yang tinggi juga membuatnya diterima oleh lingkunganya.

2) Maladjustment
Rahma adalah mahasiswi politeknik jurusan teknik listrik. Dia mahasiswi yang tergolong malas dan kurang percaya diri, ia malas mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen-dosennya. Sehingga tugas-tugas tersebut dikerjakannya dengan terpaksa.faktor dari rasa malasnya ini dikarenakan tugas-tugas tersebut wajib dikerjakan dengan menggunakan mesin TIK dan jika di dalam tugas-tugas tersebut terdapat kesalahan maka tugas-tugas yang dibuatnya tersebut harus direfisi lagi, karena tugas-tugas tersebut ia tidak memiliki waktu untuk bermain lagi bersama teman-temanya.
Karena keadaan yang menuntut ia untuk menyelesaikan tugas-tugasnya tersebut, ia menjadi seseorang yang sibuk akan dirinya sendiri dan tidak mementingkan lingkungan disekitarnya lagi, oleh karena itu ia menjadi orang yang senang dengan kesendirian.
Dengan sifat suka menyendirinya tersebut rahma menjadi anak yang jauh dari pergaulan teman-teman dan lingkungan sekitarnya,karena sifatnya itu juga ia menjadi orang yang kurang percaya diri.



Nama : Nur Hayatun Nufus
Nim : 10942006711
Tugas : Kesehatan Mental
Dosen : M. Fahli Zatra Hadi, S.Sos.I

Tiada ulasan:

Catat Ulasan