Jumaat, 22 Oktober 2010

KONSEPSI YANG SALAH HYGIENE MENTAL

Nama : Sunarti
Nim : 10942008848
Jurusan/Semester : BPI/III
Tugas : Kesehatan Mental
Dosen : M. Fahli Zatra had, S,Sos.I

Konseps yang salah menganai hygiene mental

Konsepsi itu adalah suatu pandangan, data dan hal-hal yang mengenai hygiene mental.
Hygiene mental adalah ilmu yang mempelajari masalah kesehatan mental, bertujuan mencegah timbulnya gangguan mental dan gangguan emosi dan berusahan mengurangi atau menyembuhkan penyakit mental, serta memajukan kesehatan jiwa.
Ada beberapa anggapan yang salah mengenai hygiene.
1) Penyakit mental itu tidak bisa di sembuhkan : pendapat tersebut salah karena 80% dari penyakit mental bisa disembuhkan tetapi harus dengan perawatan khusus dan perhatian penuh diri keluarganya sehingga iya ada motivasi untuk segera sembuh.
2) Penyakit Mental merupakan warisan atau keturunan : pendapat tersebut salah karena penyakit mental itu tidak dirutunkan oleh orang tua kepadanya, seperti penurunan ciri-ciri jasmaniah yang ktakteristik pada umumnya.
3) Penyakit Mental adalah sari peristiwa tunggal : pendapat tersebut salah penyekit mental bukanlah satu penyakit yang tunggal tatapi penyakit mental banyak penyababnya yaitu bervariasi, kompleks dan saling mengaitkan satu sama yang lainnya.
4) Penyakit mental adalah satu noda hitam : Pendapat tersebut salah atau berlebih-lebihan, karena penyakit mental itu merupakan akibat dari sebab-sebab sosial yang lumrah, itu merupakan tekana kehidupan sehari-hari dan umum terjadi sebenarnya orang yang sakit mentalnya itu bukan orang yang berdosa atau bernoda.
5) Penyakit mental menyerang tiba-tiba : pendapat tersebut dalah penyakit mental tidak pernah berlangsung secara mendadak pada seorang yang sehat dan tidak pernah satu krises yang tunggak didalam kehidupan manusia menjadi satu-satunya sebab dari mental break down atau kepatahan mental.
6) Seks merupakan sebab dari timbulnya penyakit mental : pendapat tersebut salah. Karena tingkah laku seks yang abnormal biasanya adalah simptom dan bukan sebab dan meladjusment pribadi yang kompleks dan serius, dorongan-dorangan seksual itu memang merupakan kecenderungan yang kuat dan senantiasa mengejar-ngejar manusia. Jika tidak terpuaska dalam pemenuhan dorongan-dorongan seksual, kejadian demikian akan menyebabkan frustasi.
Frustasi dapat menjadi sumber bagi tekanan-tekanan batin dan konflik-konflik intern yang sangat hebat. Jadi seks yang menyebabkan penyakit mental yaitu seorang perempuan yang diperkosa dan dia akan merasa bersalah, ketakutan, dan merasa berdosa melakukan seks tersebut. Dan bukan perbuatan seks itu sendiri yang menimbulkan ganguan mental tetapi rasa penyesalan menjadi frustasi dan akhirnya menjadi terganggu mentalnya.
Toko-toko hygiene mental
1. Doro Thea Dx
Di Amerika, merupakan seorang pionir wanita dalam usaha-usaha kemanusian yang mengusahkan penyembuhan dan pemeliharaan para penderita mental.
2. Philippe Pinel
Di Prancis, muncul sikap yang lebih ilmiah terhadap penyakit mental.
3. Clifford Whittingham Beers
Membuat metode-metode pemeliharan yang lebih maju dan lebih manusiawi.
4. William James.
5. Adolf Meyer
Menurut Para Ahli
1) Dorothea Dix

Tiada ulasan:

Catat Ulasan