Jumaat, 15 Oktober 2010

Adjustment dan maladjustment

Nama : sunarti
Jur/sem: Bpi/III
Nim : 10942008848
Tugas mandiri : kesehatan mental
Dosen : M.fahli zatra hadi.S.Sos.I
1.contoh Adjustment
Lokasinya :pekanbaru
Nama :azizah
Azizah adalah seorang siswa di SMK 06 Pekanbaru dan azizah merupakan siswa yang susah di atur dan slalu membuat keonaran di sekolahnya,semua guru-gurunya sudah bosan menghukum dan menasehatinya tetapi tidak pernah berubah sedikitpun. Ketika ujian nasional azizah tidak mau belajar walaupun sudah diingatkan tetapi tidak mau belajar, entah mengapa dia tetap saja lulus ujian akhir. Setelah lulus, kedua orang tuanya memasukkan azizah ke uin suska riau pekanbaru supaya dia bisa lebih mandiri dan tidak bergantung kepada orang tuanya.
Dan akhirnya dia masuk ke uin suska riau pekanbaru, waktu awal masuk azizah merasa canggung karena di Uin suska riau semua perempuan diwajibkan memakai jilbab tanpa terkecuali. Sedangkan azizah tidak pernah sama sekali memakai jilbab tetapi mau ngak mau azizah harus tetap memakainya, akhirnya azizah memakai jilbab walaupun merasa ngak nyaman dan panas tetapi tetap saja memakainya. Lama-kelamaan azizah bisa menerima semua itu malahan sekarang azizah sudah memakai jilbab setiap pergi ke mana-mana dan ngak pernah di lepasnya kecuali di rumah,dan sifat-sifatnya yang jelek dulu sekarang sudah berubah menjadi baik dan sopan. Kedua orang tuanya sangat bangga sama azizah mereka tidak pernah menyangka kalau azizah akan berubah seratus persen seperti sekarang, malahan sekarang azizah merupakan mahasiswi yang berprestasi di fakultasnya dan azizah mendapatkan beasiswa di setiap semester.


2.Contoh maladjustment
Lokasinya: bangkinang
Nama: Mardianto


Salah satu warga bangkinang telah melakukan perbuatan kriminal yaitu mencuri, kejadian itu terjadi pada malam jum’at sekitar pukul 12.30 saat warga sedang tidur nyenyak. Dia mencongkel salah satu pintu rumah warga dengan pisau, setelah bisa membukanya dia masuk dan mulai mencari barang-barang yang berharga dengan tergesa-gesa tanpa sengaja dia menyenggol pas bunga di meja dan pas bunga tersebut jatuh kelantai dan pecah. Akibat pecahnya pas bunga tersebut istri orang yang punya rumah terbangun dan pergi keluar kamar untuk melihat apa yang terjadi di luar, dan dia melihat pencuri tersebut dan lansung berteriak karena ketakutan. Dan akhirnya semua warga terbangun karena mendengar teriakan tersebut dan semua warga keluar rumah untuk menangkap pencuri tersebut sampai dapat.
Akhirnya pencuri itu ditangkap dipinggir jalan dan dihajar oleh masa, di antara warga ada yang menanyakan mengapa dia mencuri lalu dia menjawab dia terpaksa melakukan itu karena tidak punya pekerjaan untuk mendapatkan uang, Tapi tiba-tiba polisi datang dan menghentikan warga memukuli pencuri tersebut dan polisi bergegas membawa pencuri ke rumah sakit, sesampainya di rumah sakit pencuri tersebut menghembuskan nafas terakhirnya dengan wajah yang babak belur dan berdarah-darah,kemudian pencuri tersebut di kembalikan kekeluarganya untuk di makamkan.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan