Selasa, 26 Oktober 2010

KONSEP MANUSIA DALAM KAITANNYA DENGAN BIMBINGAN KONSELING...

Manusia adalah satu dari sekian banyak mahluk ciptaan tuhan yang diberikan banyak kelebihan dari mahluk yang lain. Manusia adalah mahluk yang utuh dan unik. Sebagai mahluk yang utuh manusia terdiri dari bio psiko sosio dan spiritual.
Manusia adalah terdiri dari satu kesatuan yang merupakan karakteristik dan berakal, memiliki sifat-sifat yang unik yang ditimbulkan oleh berbagai macam-macam kebudayaan.
Dikatakan unik karena manusia memiliki beragai macam perbedaan dengan setiap manusia lain, mempunyai cara yang berbeda dalam upaya memenuhi kebutuhannya. Manusia sebagai mahluk individu, dimana manusia perbedaan dengan manusia lain dalam salah satu atau beberapa segi meliputi bio- psiko sosio dan spiritual.
Manusia adalah ciptaan tuhan yang paling indah dan paling tinggi derajatya. Manusia di ciptakan untuk menjadi khalifah di muka bumi ini. Hakekat ke indahan artinya : predikat “ paling indah. “ dan paling tinggi.
Ke indahan berpangkal pada diri sendiri .

1. Manusia sebagai mahluk biologis
Manusia adalah mahluk hidup yang lahir, tumbuh dan berkembang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan. Sebagai mahluk biologi manusia memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
a. Manusia merupakan susunan sel-sel yang hidup yang membentuk satu jaringan dan jaringan akan bersatu membentuk organ dan system organ. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya manusia dipengaruhi oleh berbagai macam factor meliputi :
1). Faktor lingkungan, meliputi idiologi, politik, ekonomi, budaya, agama.
2). Faktor social, sosialisasi dengan orang lain
3). Faktor fisik : geografis, iklim/cuaca.
4). Factor fisiologis : system tubuh manusia
5). Faktor psikodinamik : kepribadian, konsep diri, cita-cita.
6). Spiritual : pandangan, motivasi, nilai-nilai.
b. Tunduk terhadap hukum alam
c. Memiliki individu
2. Manusia sebagai mahluk psikologis
a. Memiliki struktur kepribadian yang terdiri dari id, ego dan super ego
b. Dipengaruhi perasaan dan kata hati
c. Memiliki daya pikir dan kecerdasan
d. Memiliki kebutuhan psikologis agar pribadi dapat berkembang
e. Memiliki kepribadian yang unik

3. Manusia sebagai mahluk social
Manusia membutuhkan manusia lain didalam menjalani kehidupannya. Ciri-ciri mahluk sosial adalah :
a. Sebagai mahluk yang tidak dapat lepas dari orang lain manusia memiliki cipta
(kemampuan untuk melakukan sesuatu), rasa (perasaan), dan karsa (tujuan).

b. Manusia hidup dalam kelompoknya (keluarga, masyarakat), manusia suci bagi manusia lain (Homosacra Res Homonim), dan engkau adalah aku (Tat Twan Asi)
c. Manusia selalu bersosialisasi, berhubungam, menyesuaikan diri, saling mencintai, menghormati, dan saling menghargai manusia lain dari masa kanak-kanak sampai dengan meningal dunia.
4. Manusia sebagai mahluk spiritual
Manusia diciptakan oleh Allah SWT, dalam bentuk yang sebaik-baiknya, memiliki jiwa yang sempurna, untuk menjadi khalifah dibumi. Bukti manusia mahluk spiritual :
a. Memiliki keyakinan dan kepercayaan
b. Menyembah tuhan

jadi hubungan nya adalah: manusia itu menjadi sebagai objek bimbingan konsling.untuk membantu manusia membuat pilihan-pilihan penyesuaian dalam hubungan situs-situs ter tentu,dan untuk membantu orang-orang menjadi insane yang berguna tidak hanya se kedar mengikut kegiatan-kegiatan yang berguna saja.
Dengan demikian, bimbingan dan konseling mempunyai pengrtian sebagai suatu bantuan yang diberikan oleh konselor kepada orang lain atau klien yang bermasalah psikis sosial dengan hartapan klien tersebut dapat memecahkan masalahnya, memahami dirinya sehingga mencapai penyesuaian diri dengan lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.



NAMA : MUHAMMAD AMAN
NIM : 10924007714
MK : BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM
DOSEN PEMBIMBING : M.FAHLI ZATRA HADI S.Sos. I

Tiada ulasan:

Catat Ulasan