Jumaat, 15 Oktober 2010

Contoh Adjustment dan Malajustment

Kasus Adjustment

Tempat : Uin Suska Riau,Indonesia
Berlaku: 2006-2010

Timah( Bukan nama sebenar) seorang yang peramah dan juga seorang periang. Malah bias dikatakan seorang yang cerewt dan terlalu tegas untuk membuat suatu tindakan. Peramahnya seperti tidak melihat pada lingkungannya mahupun suasana atau laki-laki mahupun wanita walaupun dia wanita yang “bercadar”. Hinggakan lingkungan senang sama beliau walaupun beliau adalah warga Negara Malaysia dan bukan asli Indonesia. Hinggakan ada individu merasakan aneh sama beliau. Penyesuaian dia di kampus Uin dan juga tingkah lakunya sebegitu menjadikan dia seorang yang sukses dalam kehidupannya di hadapan masyarakat. Tambahan pula dia makin active dalam setiap bidang dalam masyarakat. Jadi dia bisa disebut Adjustment atau bisa menyesuaikan diri dengan teman-teman yang pendiam dan teman-teman juga bisa menerima beliau.


2. Kasus Maladjustment

Tempat : Perak Malaysia
Berlaku: 2008
Raf( bukan nama sebenar), Seorang mahasiswa di sekolah agama yang pintar dan juga menjawat jawatan kosma dilokalnya. Tetapi dia ada masalah lingkungannya karena dia pernah melakukan homoseksual jadi teman-temannya tidak mnyukai dan dekat sama dia. Lihat kejadian tersebut dia jadi trauma sama masyarakat selesai dari perkuliahan dia. Malah dia makin jauh sama masyarakat.
Dengan demikian Raf adalah contoh dari maladjustment atau tidak diterima oleh teman-temannya mahupun masyarakat karena penuh dengan pengalaman hitam yang menghantuinya.

oleh Abdul hadi Bin Basri

Tiada ulasan:

Catat Ulasan