Jumaat, 8 Oktober 2010

BIMBINGAN KONSELING : KODE ETIK

STUDY : BKI 1
JURUSAN : BPI
KEL : 9
- YULMI WIDAYANTI
- WILDA NINGSIH




ASAS BIMBINGAN DAN KONSELING
Keberhasilan bimbingan dan konseling, sangat ditentukan dan di wujud kan asas-asas berikut :
a. Rahasia yaitu menuntut dirahasiakan segenap data dan keterangn tentang klien yang menjadi suatu layanan sasaran.
b. Sukarela yaitu menghendaki ada nya kesukaan dan kerelaan klien menjalani kegiatan yang di perlukan bagi nya.
c. Terbuka yaitu lebih bisa membuat klien lebih terbuka .
d. Kegiatan yaitu lebih membuat suatu klien lebih berpartisipasi secara akti dalam mengikuti suatu bimbingan konseling.
e. Mandiri yaitu ini adalah tujuan umum suatu bimbingan , yaitu supaya bisa lebih mendidik suatu klien lebih mandiri dengan lebih mengenal diri sendiri dan lingkungan nya.
f. Kini yaitu layanan ini lebih berkenaan dengan “masa depan atau kondisi masa lampau pun “ .
g. Dinamis yaitu asas bimbingan konseling yang menghendaki agar isi layanan terhadap sasaran layanan (Klien) yang sama kehendaknya selalu berkehandak maju, tidak monoton, dan terus berkembang.
h. Terpadu, yaitu asas bimbingan dan konseling yang menghendaki agar berbagi layanan dan kegiatan bimbingan dan konseling baik yang di lakukan oleh guru pembimbing maupun pihak lain.
i. Harmonis, yaitu menghendaki agar segenap layanan dan kegiatan bimbingandan konseling didasarkan pada nilai dan norma yang ada.
j. Ahli, yaitu menghandaki tenaga kerja yang benar-benar ahli dan profesional yang berdasarkan kaidah-kaidah.
k. Alih tangan kasus yaitu penyelengarakan pengalihtangankan permasalahan itu di serakan kepada pihak yang lebih ahli sehingga permasalahan itu bisa tuntas secara tepat.
l. Tut wuri handayni, yaitu asas bimbingan yang mengayomi keseluruhan untuk menciptakan suasana yang memberikan rasa aman dalam mengembangkan keteladanan.



Kekeliruan dalam menafsirkan bimbingan
Kekeliruan-kekeliruan itu di antaranya adalah sebagai berikut :
a. Bimbingan identik dengan pendidikan, pengertian keliru ini hanya merupakan salah satu dari bagian kependidikan, untuk mencapai pendidikan secara optimal.
b. Bimbingan hanya untuk siswa-siswa yang salah suai,(maladjusted) pengertian ini juga keliru karena tidak benar bahwa murid-murid yang salah suai didahulukan dalam pelayanan.
c. Bimbingan berarti bimbingan jabatan/pekerjaan, binbingan diselengarakan pada keseluruhan aspek pribadi individu, aspek fisik, dan tidak ditunjukan pada murid saja untuk memilih jabatan/pekerjaan.
d. Binbingan diperuntukkan bagi murid sekolah lanjutan, kekeliruan macam ini masalah yang timbul dalam masa remaja disaat lanjutan sekolah dan bimbingan ini diperuntukan bagi anak-anak dalam masa perkembangan.
e. Bimbingan adalah usaha untuk memberikan nasehat, berarti memberi nasehat pada seseorang individu dalam perananya ada suatu unsur paksaan.
f. Bimbingan menghendaki kepatuhan dalam tingkah laku, dalam bimbingan ini bukanlah mengambil hasil kepatuhan melainkan penyesuiaan diri sangat dibutuhkan.
g. Bimbingan adalah tugas para ahli, yang membutuhkan keahlian tertentu dibidangnya masing-masing, dalam penyusunanya berdasrkan program khusus.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan