Jumaat, 15 Oktober 2010

Kasus Anjastment dan Maladjastment

Anjastment
Terdapat disebuah desa seorang pria yang taat beribadah sehingga ia disenangi oleh banyak orang ditempat tinggalnya tersebut padahal awalnya ia adalah seorang preman yang bisa merubah dirinya menjadi seorang yang alim.
Sungguh hal yang tidak disangkakan oleh orang-orang disekelilingnya, suatu perubahan yang telah dilakukan oleh orang-orang tersebut yang awalnya tidak pernah terfikir oleh orang-orang disekitarnya. Sosok yang dahulunya ditakuti dan dijauhi kini berubah menjadi sosok yang disenagi banyak orang disekitarnya. Orang-orang merasa nyaman didekatnya dan dirinya sendiri juga merasa senang karena sudah bisa diterima oleh orang disekelilingnya.


Maladjustment

Turam (nama samaran yang berinisial DM) seseorang yang mengalami malajstment. Turam yang berusia 19 tahun ini mengalami malajestment ini semenjak 2 tahun yang lalu. Disaat dia menceritakan tentang masalah dia yang terjadi 2 tahun yang lalu dia meneteskan air mata.
Turam merupakan salah satu jutaan orang yang terjebak karena ketidakpuasan terhadap dirinya. Bulan agustus 2007 dia mengikuti tes untuk menjadi perajurit TNI, cita-cita yang sangat mulia yang didambakan dia sejak duduk dibangku SD.
Setelah dia mengikuti tes jadi perajurit itu dia mengalami kegagalan dalam tes yang mengakibatkan dia tidak bias menjadi perajurit TNI. Cita-cita yang dia harapkan sejak dulu ternyata dia gagal untuk mencapainya. “aku tidak bisa menjadi perajurit TNI dan saya tidak bias membanggakan orang tua saya dan keluarga saya” kata turam sambil mengeluarkan air mata. Dia frustasi dalam kejadian yang dia anggap itu menyedihkan akhirnya dia terjerumus dengan mencari kepuasan dengan berfoya-foya, dengan pergi ketempta-tempat dugem (ozon), hingga dia pernah meniduri beberapa wanita (PSK) demi untuk menghilangkan frustasinya.

Nama : Desni Saputra
Tugas : Kesehatan Mental
Dosen : M.Fahli Zatra Hadi S.Sos.I

Tiada ulasan:

Catat Ulasan