Jumaat, 22 Oktober 2010

KONSEPSI YANG SALAH HYGIENE MENTAL

Tokoh-tokoh yang menyatakan konsepsi salah hygiene mental :
1. William James
2. Adolf Meyer
3. Dorothea Dix
4. Clifforrd Whit Tingham Beers
5. Philippe Pinel

Pandangan saya tentang konsepsi salah hygiene mental :
 Penyakit mental adalah penyakit yang tidak bisa di sembuhkan.
Pendapat seperti ini jelas tidak benar. Sebab, orang-orang yang terkena penyakit mental bisa disembuhkan dengan perawatan-perawatan yang diberikan, bahkan dorongan/dukungan dari keluarganya juga merupakan obat penyembuh bagi penderita penyakit mental ini. Bahkan mereka bisa sembuh kembali seperti orang-orang normal lainnya walaupun itutidak sampai 100% normal.
 Penyakit mental adalah suatu aib yang harus di hindari / di jauhkan.
Anggapan untuk menjauhi bahkan memasung dan menjauhkannya dari lingkungan itu bukan anggapan yang benar, sebab orang yang terkena penyakit mental ini perlu dukungan dari orang-orang di sekitarnya, apalagi dukunagn dari keluarganya sendiri.
Bahkan ada beberapa penderita panyakit mental ini yang dipasung oleh keluarganya sendiri, bahkan dijauhkan dari lingkungan warga sekitarnya. Cara yang seperti ini bukanlah cara yang tepat untuk menyembuhkan penderita penyakit mental ini, karena dengan cara yang seperti itu penderita malah bertambah sakit bukannya mengalami perubahan ke arah kesembuhan.
 penyakit mental merupakan penyakit keturunan
Penyakit mental ini juga dapat dikatakan penyakit yang datang karena rasa trauma di masa-masa yang lalu atau pengakumulasian dari masalah-masalah yang terpendam pada diri penderita penyakit mental ini, bukan pada keturunan.
Penyakit mental bisa dikatakan penyakit yang diturunkan / diwariskan, disebabkan faktor-faktor genetis atau kepekaa pada seseorang terhadap berbagai tekanan ( stress ). Untuk memperjelas lagi, jika dalam sebuah keluarga seoarng ayah merupakan penderita penyakit mental sementara ibunya tidak, maka penyakit itu akan diturunkan kepada anak perempuannya. Sedangkan, jika ibunya yang mederita penyakit menta, maka itu akan diturunkan ke semua anaknya, baik laki-laki maupun perempuan.
Tapi, kebanyakan dari penderita penyakit mental itu adalah disebabkan oleh tekanan-tekanan batin atau dari faktor-faktor sosialnya.



 Penyakit mental adalah penyakit yang datang karena satu peristiawa.
Penyakit mental tidakhanya disebabkan oleh satu peristiwa saja, penyakit mental ini disebabkan oleh beberapa factor atau peristiwa-peristiwa yang dialaminya. Ambil saja contohnya seseorang yang mengalami gangguan jiwa dikarenakan trauma, orang tersebut bukan saja sakit karena rasa traumanya tersebut, melainkan karma adanya beberapa masalah-masalah lain yang berkaitan sehingga menyebabkan orang tersebut terkena penyakit gangguan jiwa atau penyakit mental.
Jadi, penyakit mental itu bukan bukan hanya timbul karena satu peristiwa, melainkan adanya penyebab-penyebab lainnya.
 Penyakit mental yang timbul tanpa sebab.
Tidak ada penyakit yang datang tanpa ada sebabnya, penyakit mental pun timbul bukan karena tidak ada sebab. Penyakit mental ini dating atau terjdi pada diri seseoraang karena adanya penyebab-penyebab di balik penyakitnya itu. Karena peristiwa-peristiwa yang di alaminya ataupun suatu masalah yang selalu dipendam dan akhirnya orang tersebut terkena penyakit mental.
 Penyakit mental adalah penyakit menular.
Anggapan bahwa penyakit mental adalah penyakit menular itu salah. Sebab, penyakit ini adalah penyakit yang timbul dari jiwa seseorang. Seperti yang telah kita ketahui timbulnya penyakit ini karena adanya tekanan-tekanan atau peristiwa-peristiwa yabg mengakibatkan orang terkena tekanan jiwa / penyakit mental.
Penyakit ini bukan penyakit yang menular bahkan penyakit ini membutuhkan orang-orang terdekatnya untuk bias normal kembali seperti orang-orang lainnya.







Nama : Nur Hayatun Nufus
Nim : 10942006711
Dosen : M. Fahli Zatra Hadi, S.Sos.I
Mata Kuliah : Kesehatan Mental

Tiada ulasan:

Catat Ulasan