Jumaat, 15 Oktober 2010

Kasus Adjustment dan Maladjustment

Adjustment
Iin adalah seorang mahasiswi yang kuliah di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. Ia bertempat tinggal disebuah asrama, dimana asrama tersebut dirinya sangat disenango oleh semua orang yang berada dilingkungan tempat tinggalnya, Karena dari keramahannya, kesopanan, kedisiplinan, bertanggung jawab dan juga seorang wanita yang soleha. Dan untuk dirinya peribadi ia juga senang bertempat tinggal di lingkungan tersebut.
Ternyata bukan hanya ditempat lingkungan tempat tinggalnya saja yang disenangi, justru ditempat kuliahnya juga ia banyak disenangi oleh teman-teman kuliahnya karena ia bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya tersebut.
Dibalik semua itu, ternyata dia dahulunya nadalah seorang gadis pendiam dan culun yang sering dikucilkan oleh orang-orang disekelilingnya terutama teman-temannya. “tidak ada yang bisa menerima aku apa adanya” ucap iin dengan nada sedih. “tapi seandainya hal tersebut tidak aku rubah apa yang akan terjadi pada diriku”.
Tapi, aku sadar bahwa kita harus berani untuk maju meskipun jiwa dan hati kita malu untuk mencapai kemajuan itu.

Maladjustment
Oky adalah seorang remaja yang berumur 18 tahun, ia adalah salah satu putra dari desa danto. Ia putus sekolah ketika ia duduk dibangku SMP, ia putus sekolah dikarnakan oleh teman-teman sekelasnya yang selalu memojokkan, mengejek, meremehkannya.
Oky nama sebenarnya adalah Roky, tapi karena ia menginginkan namanya mengikuti gaya bahasa tubuhnya yang menggambarkan sosok tubuh seorang wanita maka ia mengganti namanya menjadi oky. “kenapa saya tidak dilahirkan dengan sosok seorang perempuan” ujar oky dengan nada menyesal.
Roky menceritakan kepada keluarganya untuk yang pertama kalinya bahwa ia ingin menjadi seorang gadis. Betapa terkejut orang tuanya mendengarkan hal tersebut, anak lelaki yang selama ini diharapkan menjadi seorang kesatria justru menginginkan dirinya menjadi wanita.
Hal tersebut memaksa dirinya untuk pergi jauh dari keluarga dan orang-orang disekelilingnya. Padahal jauh dilubuk hatinya ia tidak menginginkan hal itu terjadi.

Nama : INDAH PRATIWIE
NIM : 10942008521
Tugas : Kesehatan Mental
Dosen : M.Fahli Zatra Hadi S.Sos.I

Tiada ulasan:

Catat Ulasan