Jumaat, 15 Oktober 2010

CONTOH KASUS ADJUSTMENT DAN MALADJUSTMENT

1. Kasus Adjustment

Tempat : Kos Paradise, block C 9
Jam : 7.30 WIB

Dyla seorang mahasiswi baru. Dia kuliah di jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Sosial. Dia seorang yang cerewet, yang susah untuk diam. Setiap hari ada saja yang dibicarakannya. Ketika ditanya gimana kalau dia tidak terlalu banyak bicara, maka dia akan menjawab dia tidak akan tenang. Sementara teman-teman kos yang lain tidak banyak ngomong atau pendiam. Namun demikian, meskipun teman-teman pada pendiam Dyla tidak mempermasalahkan hal itu. Dia bisa menyesuaikan diri dengan teman-teman yang lain. Teman-teman juga bisa menerima dia dan tidak mempermsalahkannya..
Jadi dia bisa disebut Adjustment atau bisa menyesuaikan diri dengan teman-teman yang pendiam dan teman-teman juga bisa menerima dia yang cerewet itu.


2. Kasus Maladjustment

Tempat : Paradise Block O 6
Jam : 8.39 WIB

Siti Samawiyah, seorang akhwat, mahasiswi jurusan Tafsir Hadist Fakultas Ushuluddin. Dia tinggal dengan teman yang pemikirannya tidak sejalan dengannya. Sebenarnya dia tidak betah tinggal dengan teman satu kosnya itu. Namun oleh karena di kost itu biayanya agak murah, mau tidak mau dia masih bertahan untuk tinggal di kos itu. Ketika ditanya dia hanya menjawab untuk menghemat biaya hidup.
Teman-temannya merasa bahwa Siti sok alim, banyak aktivitas keagamaannya tidak disukai oleh teman-temannya.
Dengan demikian Siti adalah contoh dari maladjustment atau tidak diterima oleh teman-temannya.

oleh nur aien




s

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Catat Ulasan