Jumaat, 22 Oktober 2010

KESALAHAN PEMAHAMAN DALAM KONSEPSI KESEHATAN MENTAL.

1.. Seks merupakan sebab timbulnya penyakit mental.
hal ini merupakan pendapat yang salah. Tingkah laku seks yang abnormal biasanya adalah simptom, bukan sebab dari maladjustment pribadiyang kompleks dan serius.
Jika ada aktivitas seksual yang ikut serta menjadi penyebab ,maka berupa rasa bersalah dan rasa ketakutan atau rasa berdosa untuk melakukan reaksi seks yang menjadi penyebab timbulnya penyakit mental.Perbuatan seks itu sendiri bukan yangb menimbulkan gangguan mental.

2. Gangguan mental muncul secara tiba-tiba
Penyakit mental timbul dan menyerang penderita dengan tiba-tiba, pendapat ini salah. Menurut logika kita saja, apa mungkin penyakit dating secara tiba-tiba, tidak mungkin. Penyakit timbul dikarenakan ada penyebabnya, penyebanya adalah kumpulan akumulasi-akumulasi, bibit-bibit dari gangguan mental itu pada awalnya memang sudah ada sebelum penampakan gejala-gejala, atau penemuannya seperti adanya kejadian-kejadian dramatis, misalnya dikhianati oleh pasangannya.

3. Penyakit mental itu tidak bisa di sembuhkan
pendapat tersebut salah karena 80% dari penyakit mental bisa disembuhkan tetapi harus dengan perawatan khusus dan perhatian penuh diri keluarganya sehingga iya ada motivasi untuk segera sembuh.

4. Gangguan mental merupakan peristiwa tunggal
Pandangan ini tidak benar, sebab gangguan mental itu banyak sekali penyebabnya, bervariasi, kompleks dan saling kait mengait satu sama lain, misalnya hysteria, phobia, depresi, tingkah laku disosial, penyimpangan social dan sebagainya.

5. Gangguan mental merupakan aib/ noda bagi lingkungannya
Penyakit mental adalah satu noda hitam, penyebab penyakit mental itu merupakan akibat dari penyebab sosial dan lumrah dikalangan masyarakat yang merupakan dari gejala-gejala tekanan kehidupan sehari-sehari dan pada umumnya terjadi satu orang yang sakit. Mental orang yang berdosa atau ternoda, seperti contohnya dia dinodai oleh kekasihnya.




TOKOH-TOKOH LAIN YANG MENDUKUNG ADALAH
a. Clifford Beers (1876-1943),
b. Emil Kraepelin (1855-1926),
c. William Tuke (abad 18),
d. Benjamin Rush (1745-1813),
e. Dorothea Dix (1802-1887)



Nama : Juli Despriayadi
Nim : 10942007829
Jurusan : Bimbingan Penyuluhan Islam



Dosen Pembimbing : M.Fahli Zatra Hadi .S.Sos.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan