Jumaat, 15 Oktober 2010

Contoh Anjasmen dan Maladjesmen

1. Anjasmen :
Di suatu desa ada seorang pemuda yang sangat di siplin dan sangat disukai di kampus dan lingkungan masyarakatnya .sebut saja nama nya dengan hasmar,ia merupkan anak seorang petani yang serba kekurangan. Ia berumur sekitar 19 atau 20 tahun.didalam keluarganya ia merupakan anak yang ke 3 dari 7 bersaudara.semenjak ia masih sekolah di SMA ia sangat terkenal dengan kepintaran dan kedisplinannya sehingga jarang sekali guru-guru yang tidak mengenalnya, setelah ia tamat dari SMA ia sangat pengen sekali tuk melanjutkan studinya dan pengen membahagiakan keluarganya tetapi hasmar tidak bisa mengatakan kepada orang tuanya tuk melanjutkan studinya karna ia berfikir betapa susahya kehidupan orang tuanya jangankan biaya untuk kuliah, ntuk makan aja susah. Tetapi hasmar masih keras untuk pengen melanjutkan studinya ke perguruan tinggi.sehingga ia mencari cara untuk bisa melanjut ke perguruan tinggi tersebut. Maka ia berbicara kepada ayah dan ibu nya tentang niatnya untuk kuliah,setelah ia membicarakan kepada orang tuanya tersebut ia sangat kecewa atas jawaban dari orang tunya tersebut yag tidak bisa lagi tuk memenuhi ke inginan hasmar, karna tidak memiliki biaya.dan orang tunya malah menyuru hasmar tuk mencari pekerjaan supaya bisa membantu adik-adiknya nantik.
Namun menurut hasmar masih banyak jalan tuk bisa melanjutkan pendidikannya. Maka ke esokan harinya hasmar minta pamit kepada orang tuanya pergi ke Pekan baru. alasanyan untuk mencari pekerjaan,maka orang tuanya menyetujuinya. Setelah ia sampai di pekan baru maka ia pergi ke universitas uin suska tuk mendaftar kuliah tanpa sepengetahuan orang tuanya. Setelah ia di terima di universitas uin suska ia sangat bahagia dan gembira sekali, namun kegembiraanya langsung hilang setelah ia berfikir tuk biaya kuliahnya. Maka ia bergegas untuk mencari pekerjaan di pekan baru dan ia ternyata ia mendapat pekerjaan yaitu berkerja di tempat fotocopy walaupun gajinya tidak seberapa,tapi cukuplah dengan gajinya itu tuk membayar kuliahnya walaupun sering meminjam kepada teman-temanya. Akhirnya dengan keteguhan , kesabaranya dan cita-cita tuk membahagiakan orang tua dan saudaranya berhasil ,dan hasmar juga menjadi orang yang sukses karna setelah ia selesai kuliah ia langsung mendapat kan pekerjaan yang baik .
Jadi, kesebaran dan kemauanlah yang menjadikan orang tuk sukses atau berhasil, uang dan materi bisa di cari belakangan.

2. Maladjasmen
Tompel merupakan seorang anak yang ber umur 10 th, di lingkungan masyarakatny yang berpendidkan. Tapi tompel ini dikenal sebai seorang anak yang tidak mau sekolah dan dalam sehari-harinya ia habiskan waktunya dengan bermain-main dan berleha-leha dan kadang-kadang ia di ajak orang untuk bekerja. Pada awalnya dia rajin pergi ke sekolah namun tiba-tiba saja tidak mau lagi sekolah karna ia merasa di dalam kelasnya ia bodoh. Kemudian ia juga merasa senang dengan uang hasil keringatnya jadi mulailah ia bermalas-malas ke sekolah.dan apa bila ada orang yang mengajak dia tuk kerja maka ia langsung ikut tanpa pergi sekolah dulu.dan setelah ia sudah meranjak dewasa ia menjadi di jawuhi oleh-teman-temannya dan masyarakat karna ia tidak mempunyai pekerjaan dan juga tidak tidak mempunyai pengetahuan.




Nama : Muhammad Aman
Nim : 10942007714
Mata Kuliah : Kesehatan Mental

Tiada ulasan:

Catat Ulasan