Jumaat, 22 Oktober 2010

Konsepsi Yang Salah Mengenai Hygiene Mental, Tokohnya

Konsepsi Yang Salah Mengenai Hygiene Mental, Tokohnya

Konsepsi adalah pandangan, data, hal-hal yang mengenai pendapat, bentuk. Selama ini banyak mitos atau konsepsi yang dipahami masyarakat Indonesia yang keliru, Diantara konsepsi yang salah mengenai hygiene mental adalah:

1.Penyakit Mental adalah Herediter, merupakan warisan atau keturunan. Pendapat ini adalah keliru, karena penyakit ini tidak diturunkan oleh orang tua kepada anaknya seperti penurunan ciri-ciri jasmaniah yang karakteristik pada umumnya. Sebab-sebab penyakit mental pada umumnya berasal dari tekanan mental atau batin.

2.Penyakit Mental tidak dapat disembuhkan.
Hal ini dibuktikan dengan adanya pasien yang setelah mendapat perawatan khusus terutama yang masih dalam stadium awal dapat kembali ditengah keluarganya dan dinyatakan sembuh.

3.Penyakit Mental dapat timbul dan menyerang secara tiba-tiba.
Yang benar, penyakit mental tidak pernah muncul secara mendadak pada seorang yang sehat. Bibit-bibit dari gangguan mental pada dasarnya sudah ada sebelum penampakan gejala-gejala atau fenomenanya.

4.Penyakit Mental adalah suatu noda hitam.
Hal ini terlalu berlebihan. Sebab penyakit mental merupakan akibat dari sebab-sebab sosial yang lumrah dan merupakan produk serta tekanan kehidupan sehari-hari. Orang yang sakit mentalnya bukanlah orang yang berdosa atau bernoda.

5.Penyakit mental adalah suatu peristiwa tunggal.
Hal ini tidaklah benar karena gangguan mental itu banyak sebabnya, bervariasi, kompleks, dan saling kait mengait satu sama lain.

6.Seks merupakan sebab timbulnya penyakit mental.
hal ini merupakan pendapat yang salah. Tingkah laku seks yang abnormal biasanya adalah simptom, bukan sebab dari maladjustment pribadiyang kompleks dan serius.
Jika ada aktivitas seksual yang ikut serta menjadi penyebab ,maka berupa rasa bersalah dan rasa ketakutan atau rasa berdosa untuk melakukan reaksi seks yang menjadi penyebab timbulnya penyakit mental.Perbuatan seks itu sendiri bukan yangb menimbulkan gangguan mental.

Tokoh-tokoh Pengembang Mental Hygiene, antara lain :
A.DorotheaLyndeDix
B.CliffordWhittinghamBeers
C.WilliamJames
D. Adolf Meyer



Konsepsi yang benar menurut yang saya pahami adalah bahwa sakit mental itu bukanlah dari factor hereditas atau diturunkan oleh orangtua kepada anaknya. Namun bawaan sifat itu ada.
Sakit mental juga bisa disembuhkan, yaitu melalui proses-proses dan butuh motivasi dari yang terdekat untuk si sakit mental itu.
Sakit mental juga tiadk dating secara tiba-tiba, sebenarnya sakit mental dating dari akumulasi (kumpulan).
Sakit mental bukan merupakan noda hitam, sebenarnya orang itu sakit kadag hanya karena tekanan hidup sehari-hari. Orang tersebut tidaklah bernoda. Seharusnya orang tersebut diberi motivasi agar bias sembuh.




Nama : Nur Aein

NIM: 10942008667

Tiada ulasan:

Catat Ulasan