Jumaat, 22 Oktober 2010

Hygiene Mental

NAMA : DESNI SAPUTRA
NIM :10942007719
DOSEN :M. FAHLI ZATRA HADI S.Sos.I

Konsepsi Yang Salah Mengenal Hygiene Mental

Sekarang banyak orang beranggapan bahwa penyakit mental merupakan salah satu noda, atau merupakan akibat dari dosa-dosa yang di perbuat manusia . karna masyarakat menanggapi para penderita mental dengan rasa jijik (kutukan). kesehatan mental bagi masyarakat pada umumnya belum mendapatkan tanggapan negatif berwujud prasangka, ketakutan, ketakhayulan (mitos). dengan anggapan-anggapan misterius iseperti ini penyakit mental di akibatkan oleh perbuatan roh-roh atau dukun-dukun jahat.


Prinsip-Prinsip Hygiene Mental

Pengertian Prinsip Kesehatan Mental

Prinsip dalam kamus bahasa Indonesia berarti dasar, asas, (kebenaran yang menjadi dasar pokok berfikir, bertindak dan sebagainya). Prinsip hygiene mental adalah dasar-dasar yang menjadi pegangan dalam pelaksanaan untuk mencegah timbulnya ganguan mental atau jiwa dan emosi agar terbentuk manusia yang memiliki mental yang sehat.

Prinsip-Prinsip Kesehatan Mental

Prinsip-prinsip kesehatan mental adalah sebagai berikut:

1. Terpenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok (inti) Yaitu terpenuhi kebutuhan pokok, baik kebutuhan organis yaitu jasmani (makan, minum, dorongan seksual) dan rohani (kaasih sayang, ketuhanan, rasa aman), maupun kebutuhan sosial. Apabila kebutuhan ini tak terpenuhi maka akan mengakibatkan sakit mental. Ketegangan cenderung turun jika kebutuhan-kebutuhan terpenuhi, dan cenderung naik atau makin banyak jika kebutuhankebutuhan tak terpenuhi, seperti mengalami fruktasi atau hambatan-hambatan.

2. Kepuasan Semua orang menginginkan kepuasan, baik bersifat jasmani maupun rohani. Manusia ingin puas dalam segala bidang, lalu timbul Sence of Importancy dan Sence of Mastery (kesadarannilai dirinya dan kesadaran penguasaannya) yang akan memberi rasa aman, senang, puas dan bahagia.

3. Posisi dan status sosialSetiap individu selalu mencari posisi dan status sosial dalam lingkungannya. Apabila individu itu telah mendapatkan posisi dan status sosial dalam lingkungannya maka akan menimbulkan rasa simpati, aman, optimis, bergairah, menumbuhkan keberanian dan harapan untuk menghadapi masa yang akan datang.

PARA TOKOH TERKENAL DALAM HYGIENE MENTAL.

Menurut Chiskolm,
dalam Mc Daniel 1959, bimbingan adalah membantu setiap individu untuk lebih mengenali berbagai informasi tentang dirinya sendiri.

Menurut Tiedeman,
dalam Bernard dan Fullmer 1969, bimbingan adalah membantu seseorang agar menjadi berguna, tidak sekadar mengikuti kegiatan yang berguna.

Menurut Montense & Schmuller (1976),
bimbingan adalah bagian dari keseluruhan pendidikan yang membantu menyediakan kesempatan-kesempatan pribadi dan layanan staf ahli dengan cara mana setiap indipidu dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan dan kesanggupannya sepenuh-penuhnya sesuai dengan ide-ide demokrasi.

Menurut Smith, dalam Mc Daniel (1959)
bimbingan adalah sebagai proses layanan yang di berikan kepada individu-individu guna membantu mereka memperoleh pengetahuan dan keterampilan-keterampelan yang diperlukan dalam membuat pilihan-pilihan, rencana-rencana dan interprestasi-interprstasi yang diperlukan untuk penyesuaian diri dengan baik.
KONSEPSI YANG SALAH MENGGENAI HYGIENE MENTAL

Beberapa Anggapan Yang Keliru Mengenai Penyakit HYGIENE MENTAL

1. Penyakit mental adalah suatu pristiwa tunggal.

penyakit mental bukanlah satu penyakit yang tunggal. Tetapi makah sebaliknya bahwasahnya penyakit tungal ini merupakan penyakit yang memiliki bermacam-macam yang saling terkait satu dengan yang lain. Penyakit mental ini juga mempunyai kelompok. Yang sulit berpisah.satu dengan yang lain. pada penyakit ini kebanyakan sebab-musibab penyakit mental ini biasanya karna tekanan-tekanan batin dan faktor-fakor sosial.

2. Penyakit mental tidak bisa di sembuhkan.

Pemikiran ini salah besar, sebab kebanyakan setiap penyakit itu bisa di obati.
pemikiran seperti ini tidak benar karna kurang lebih 80% dari penderita di asylum yang telah mendapatkan perawatan prima (khusus), terutama yang masih dalam stadia permulaan ,dapat kembali di tengah keluarganya dan di nyatakan SEMBUH.
Bahwasahnya tidak ada di dunia ini penyakit yang tidak bisa di sembuhkan kecuali mati. Penyakit mental ini bisa di sembuhkan dengan berbagai macam cara,

3. Penyakit mental itu timbul dan menyerang penderita dengan tiba-tiba .

Pendapat ini salah. Karena penyakit mental langsung menyerang kepada orang yang mengalami kejadian-kejadian dramatis.
Misalnya : kematian orang yang paling dia sanyangi, atau jug amengalami kebangkrutan financial.

4. Seks merupakan sebab dari timbulnya penyakit mental.

Ini merupakan pendapat KELIRU . penyakit ini Sebab tingkah laku seks dalam kehidupan manusia meerupakan suatu kebutuhan yang harus di penuhi, tetapi tidak terpuaskan dalam pemenuhan dorongan-dorongan seksualnya, kejadian sedemikian menyebabkan FRUSTASI. frustasi ini dapat menjadikan sumber bagi tekanan-tekanan batin dan konflik-konflik yang intert. Malak ssebaliknya apabila dorongan seks ini tidak di salurkan maka akan timbul penyakit pada tubuhnya sendiri.

5. Penyakit mental adalah satu noda hitam.

pendapat ini telalu berlebihan. salah satu peristiwa yang menodai nama baik keluarga, karna mereka beranggapan bahwa sependerita menbuat nama keluarga malu (mendapat olok-olokan, cemooh) yang menyakitkan hati .
sebab banyak orang kira penyebab penyakit ini di sebabkan oleh roh-roh, syaitan-syaitan, atau dukun-dukun.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan