Jumaat, 8 Oktober 2010

KESEHATAN MENTAL : PRINSIP HYGIENE MENTAL

Prinsip hygiene mental

Disusun Oleh Kelompok 06 :
Uminidiatul hasanah
Indah pratiwie


HYGIENE MENTAL

1. ILMU KESEHATAN MENTAL/ HYGIENE MENTAL

Mental hygiene atau ilmu kesehatan mental adalah ilmu yang mempelajari masalah kesehatan mental/ jiwa, bertujuan mencegah timbulnya gangguan atau penyakit mental dan gangguan emosi, dan berusaha mengurangi atau menyembuhkan penyakit mental, serta memajukan kesehatan jiwa rakyat.

Secara epistimologi mental hygiene berasal dari kata: mental dan Hygeia. Hygeia adalah nama dewi kesehatan yunani, dan hygiene berarti ilmu kesehatan.sedangkan mental dari kata latin mens, mentis yang artinya : jiwa, nyawa, sukma, roh, semangat.

Maka pada intinya mental hygiene adalah ilmu yang bertujuan :

1. Memiliki dan membina jiwa yang sehat.
2. Berusaha mencegah timbulnya kepatahan jiwa ( mental breakdown ), mencegah berkembangnya macam – macam penyakit mental dan sebab musabab timbulnya penyakit tersebut.
3. Mengusahakan penyembuhan dalam stadium permulaan.

2. SEJARAH GERAKAN HYGIENE MENTAL

Seperti juga psikologi yang mempelajari hidup kejiwaan manusia, dan mempunyai usia sejak adanya manusia ada di dunia, maka masalah kesehatan jiwa itupun telah ada sejak beribu – ribu tahun yang lalu, dalam bentuk pengetahuan yang sederhana.

Beratus – ratus tahun yang lalu orang menduga bahwa penyebab penyakit mental adalah syaitan – syaitan, roh – roh jahat dan dosa – dosa. Oleh karena itu penderita penyakit mental di masukan dalam penjara – penjara di bawah tanah, atau di hukum dan di ikat erat – erat dengan rantai besi yang berat serta kuat. Di sebabkan oleh anggapan mereka yang keliru. Lambat laun ada usaha – usaha kemanusiaan yang mengadakan perbaikan dalam menanggulangi orang – orang yang terganggu mental nya ini. Sebagai contoh iyalah jasa – jasa PHILLIPPE PINEL di prancis dan WILIAM TUKE dari inggris.kemudian muncul sikap yang lebih ilmiah terhadap penyakit mental, yaitu sejajar dengan berkembangnya ilmu pengetahuan alam di eropa.


Gerakan – gerakan hygiene mental ini sangat cepat meluas, dan menembus dalam beberapa bidang lainnya; antara lain di bidang pendidikan, kesehatan umum (public health). Bidang kedokteran dan pengobatan. Dan akhirnya mental hygiene juga mempengaruhi bidang psikiatri, psikologi klinis, sosiologi anakpsikologi abnormal, psikologi adjustmen.


PRINSIP – PRINSIP POKOK HYGIENE MENTAL DAN SEBAB KEKALUTAN MENTAL.

Ada beberapa prinsip pokok untuk mendapatkan kesehatan mental kita tuliskan di bawah ini, antara lain :

1. Pemenuhan kebutuhan pokok
Setiap individu selalu memiliki dorongan – dorongan dan kebutuhan pokok yang bersifat organis ( fisis dan psikis ) dan yang bersifat sosial. Kebutuhan – kebutuhan dan dorongan – dorongan itu menuntut pemuasan. Timbulah ketegangan – ketegangan dalam usaha pencapaiannya. Ketegangan cenderung menurun jika kebutuhan – kebutuhan terpenuhi dan cenderung naik/ makin banyak, jika mengalami frustasi atau hambatan – hambatan.
2. Kepuasan
Setiap orang menginginkan kepuasan, baik yang bersifat jasmaniah maupun yang bersifat psikis. Dia ingin merasa kenyang, aman terlindungi, ingin puas dalam hubungan seksnya, ingin mendapat simpati dan di akui harkatnya. Pendeknya ingin puas di segala bidang. Lalu timbullah sense of importancy dan sense of mastery. ( kesadaran nilai dirinya dan kesadaran penguasaan ) yang member rasa senang, panas dan bahagia.
3. Posisi dan status sosial.
Setiap individu slalu berusaha mencari posisi sosial dan status sosial dalam lingkungannya .tiap manusia membutuhkan cinta kasih dan simpati. Sebab cinta kasih dan simpati menumbuhkan rasa diri aman / assurance, keberanian dan harapan – harapan di masa mendatang. Orang lalu menjadi optimis dan bergairah karenanya, individu – indvidu yang mengalami gangguan mental, biasanya merasa dirinya tidak aman, merasa senantiasa di kejar – kejar dan selalu dalam kondisi ketakutan. Dia tidak mempunyai kepercayaan pada diinya sendiri dan pada hari esok ;

1 ulasan:

  1. Apakah mental hygiene sama dengan Psikologi Higiene ?

    BalasPadam