Jumaat, 22 Oktober 2010

KONSEPSI YANG SALAH HYGIENE MENTAL

Sampai saat ini banyak orang yang beranggapan bahwa penyakit mental merupakan suatu aib atau merupakan akibat-akibat dari dosa yang diperbuat manusia, karena itu masyarakat berpendapat bahwa penyakit mental ada rasa jijik dan takut, oleh sikap yang keliru para penderita sendiri banyak ytang takut dan tidak suka menjalani pemeriksaan dokter atau seorang psikologi, mreka menjadi marah dan tersinggung jika diperiksa, bahwa dirinya tidak sakit dan sehat jiwanya, ada beberap anggapan yang keliru mengenai masalah kesehatan mental ini antara lain ialah sebagai berikut :
a. Penyakit mental adalah penyakit keturunan.
Kalau pendapat semacam ini adalah keliru, penyakit mental ini tidak diturunkan orang tua kepada anaknya, namun karna kebanyakan peristiwa-peristiwa atau ada sebab-musabab penyakit mental itu biasanya tekanan-tekanan batin dan fakor-faktor sosial contohnya tekanan-tekanan batin ialah apa bila keinginanya yang tidak terpenuhi dan tekanan-tekanan dari keluarga apa lagi dia anak pertama kamu harus dokter tapi tidak itu keinginan seorang anak, kalau fakor sosial yaitu selalu dikucilkan orang lain atau dari teman-temannya.

b. Penyakit mental tidak bisa disembuhkan.
Kalau pendapat ini salah orang penyekit mental itu bisa disembuhkan hidup seperti masyarakat biasanya, apabila ada dukungan dan dorongan dari keluarganya, orang sakit jiwa tua usaha dikucilkan tapi dibawa berobat.

c. Penyakit mental itu timbul dan menyerang penderita dengan tiba-tiba
Pendapat ini salah, karena enyakit kesehatan mental tidak pernah berlangsung secara mendadak pada seorang yang sehat, dan tidak pernah bersatu krisis yang tunggal ti dalam kehidupan manusia menjadi satu-satunya sebab dari mental breali down atau kepatahan mental.

d. Penyakit mental adalah satu noda hitam, anggapan ini adalah konsepsi yang berlebih-lebih, sebab penyakit mental itu merupakan akibat dari sebab-sebab sosial yang lumrah juga gangguan batin itu bukan satu stigma atau aib bagi keluarga, orang penyakit mental tidak sepatutnya mendapat hinaan atau mencemoohkanya.

e. Penyakit Mental adalah satu peristiwa tunggal, penyakit mental bukan satu penyakit yang tunggal, gangguan mental itu banyak sebabnya, seperti trauma, depresi, obsessik

f. Seks merupakan sebab dari timbulnya penyakit mental, ini pun merupakan pendapat yang salah, dorongan-dorongan seksual itu memang merupakan kecenderungan-kecenderungan yang kuat dan senan tiasa mengejar-ngejar manusia, jika orang yang bersangkutan salalu terhambat atau senantiasa tidak perpuaskan dalam pemenuhan dorongan-dorngan seksualnya, apabila seksulnya apabila tidak dinginkan atau diperkosa itulah penyebabnya dia penyakit kesehatan mentalnya.
Tokoh Hygiene Mental Yang Salah
1. Eilliem Jemes
2. Adolf Meyer
3. Clofford Whit
4. Dorothea Dix
5. Tingham Beer

Nama : Maisaroh
Nim : 10942008621
Mata Kuliah : Kesehatan Mental I
Jurusan/Semester : BPI/III

Tiada ulasan:

Catat Ulasan